Home » wisata sulawesi selatan » Air terjun Bantimurung, wisata alam di Sulawesi Selatan

Salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung di Sulawesi Selatan adalah Bantimurung. Ketika Anda berkunjung ke air terjun Bantimurung, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Di air terjun Bantimurung, Anda akan menemukan dua, penangkaran kupu-kupu, air terjun, dan cagar alam.

Air terjun Bantimurung merupakan salah satu air terjun yang airnya mengalir di antara tebing karst. Karst adalah bentuk formasi dari pegunungan yang diakibatkan adanya kumpulan batuan kapur. Rupanya, kawasan karst yang ada di Bantimurung Bulusaraung ini merupakan daerah karst terluas kedua di dunia. Anda bisa melihat bagaimana bebatuan kapur di sini berkumpul menjadi satu untuk membentuk seperti gunung. Semuanya ini benar-benar dipahat oleh alam.

Ketika Anda berkunjung ke Bantimurung, Anda akan menemukan sebuah karst yang tinggi menjulang dan berbentuk seperti tower. Ini dikenal dengan istilah tower karst.

Tempat dimana air mengalir di Bantimurung ini memiliki tinggi 20 m dan lebar 15 m. Air yang ada di Bantimurung benar-benar jernih dan sejuk. Setiap tahunnya, air di sini tidak pernah berhenti mengalir. Ada pemandian yang terletak di bawah cucuran air terjun. Tidak sedikit pengunjung yang sampai merupa waktu saat berada di Bantimurung. Keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lain membuat pengunjung enggan untuk pulang.

Awalnya, air terjun ini dipopulerkan oleh Alfred Russel Wallace. Ia merupakan seorang kolektor dan naturalis asal inggris. Pada tahun 1919 daerah ini dijadikan daerah konservasi olehnya. Anda bisa menemukan kurang lebih 268 gua yang ada di kawasan ini. Gua yang memiliki kedalaman 260 meter dan dinobatkan sebagai gua yang terdalam di Taman Nasional Bantimurung adalah Leang Leaputte. Sedangkan, Sallukan Kallang merupakan gua terpanjang yang ada di kawasan ini. Jika dilihat menurut sejarah, gua ini merupakan kediaman dari Karaeng Toakala atau Raja dari Bantimurung. Gua ini juga dijadikan sebagai tempatnya untuk bertanya.

Bantimurung tidak hanya menyimpan air terjun yang indah saja. Terdapat berbagai wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika mampir ke Bantimurung. Salah satunya adalah penangkaran kupu-kupu. Di sini Anda bisa menemukan habitat dari ribuan kupu-kupu dengan berbagai jenis spesies. Ketika Anda memasuki habitat kupu-kupu ini, Anda bisa menyaksikan betapa indahnya kupu-kupu dengan sayap yang warna-warni berterbangan di antara bunga-bunga dan semak.

Selama satu tahun, Alfred Russel Wallace pernah tinggal di tempat ini. Ia tinggal di sini untuk meneliti sebanyak 150 spesies kupu-kupu yang termasuk dalam kupu-kupu yang langka. Pada masanya, Penjajah Belanda menjuluki tempat ini sebagai kerajaan kupu-kupu. Bagi Anda yang sedang berada di Sulawesi Selatan, tidak ada salahnya untuk mampir ke air terjun ini.

 

Ingin berlibur di jogja atau bingung merencanakan liburan terbaik di jogja?

Hubungi Holiday In Yogyakarta sekarang, kami siap membantu dan mewujudkan liburan

terbaik anda di jogja.

+6282283962800

 

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Us

If you have any questions, please contact us.